Hair & Beauty · Product Review

[Review] Viva Lipstick no. 6 & 24 dan Red-A Lipstick no. 612

Hai semuanya! Hari ini aku mau me-review 3 lipstik buatan lokal, Viva Cosmetics. Viva Cosmetics sendiri terdiri atas 3 ‘merk’, yaitu Viva, Viva Queen, dan Red-A. Check it out!

[Review] Viva Lipstick no. 6 & 24 dan Red-A Lipstick no. 612Disclaimer

Review ini aku buat berdasarkan pendapat pribadiku. Performa dan hasil dari produk ini dapat berbeda satu orang dengan yang lainnya. What works for me might not work for you, and vice versa.

Harga

Satu keunggulan dari lipstick buatan lokal adalah harganya yang sangat terjangkau! Kedua lipstick Viva ini aku beli dengan harga masing-masing IDR 8900, sedangkan lipstick Red-A aku beli dengan harga IDR 9600.

Kemasan

[Review] Viva Lipstick no. 6 & 24 dan Red-A Lipstick no. 612

Kemasan ketiga lipstick ini cukup kecil menurutku. Tapi meskipun kecil, ukuran isi lipstick ini ternyata sama dengan lipstick-lipstick lainnya. Karena ukurannya yang kecil, ketiga lipstick ini bisa kita bawa untuk touch-up tanpa memenuhi tempat di tas.

Untuk desain ketiga lipstick ini tidak ada yang special. Yah, namanya juga lipstick murah, jangan berharap muluk-muluk lah. Yang kurasa cukup ‘lucu’ adalah logo Viva Cosmetics yang hanya ada di tube bagian dalam, sedangkan di bagian luarnya tidak ada logo maupun tulisan Viva Cosmetics. Aku sempat bingung waktu pertama melihat lipstick ini. Karena Red-A merknya tertulis di tube bagian luarnya, sedangkan di Viva tidak ada.

Komposisi dan tanggal kadaluarsa ketiga lipstick ini ditempelkan dengan label di tube bagian bawah.

Warna, Tekstur & Pigmentasi

[Review] Viva Lipstick no. 6 & 24 dan Red-A Lipstick no. 612

Jika kita lihat di tube-nya, warna Viva no. 6 adalah oranye terang, Viva no. 24 merah gelap, dan Red-A no. 612 coklat kemerahan. Namun ternyata saat di-swatch, ketiga lipstick ini menghasilkan warna yang berbeda dengan yang terlihat pada tube.

[Review] Viva Lipstick no. 6 & 24 dan Red-A Lipstick no. 612

Lipstick Viva no. 6 adalah warna merah-oranye cerah, Viva no. 24 merah gelap menyerupai merah darah dengan cool undertone, sedangkan Red-A no. 612 adalah warna coklat sedang.

[Review] Viva Lipstick no. 6 & 24 dan Red-A Lipstick no. 612

Diatas adalah swatch ketiga lipstick tersebut di bibirku. Viva no. 6 memberikan warna yang vibrant, terlihat sekali warna oranye yang cukup dominan di lipstick tersebut. Viva no. 24 adalah warna merah gelap yang cantik dengan nuansa berry, cukup mirip dengan lip tint Korea Selatan yang sedang popular saat ini. Sedangkan Red-A no. 612 adalah warna yang paling natural menurutku. Warna coklat bibir yang natural untuk kulit medium tone seperti kulitku.

Untuk pigmentasi, kedua lipstick Viva sangat pigmented, namun cukup sulit diaplikasikan dan terasa agak kering, tidak creamy seperti lipstick pada umumnya. Untuk lipstick Red-A tidak se-pigmented kedua lipstick Viva lainnya, tapi masih cukup pigmented, namun memang lipstick Red-A ini sedikit lebih creamy dibandingkan dengan dua lipstick lainnya.

Ketiga lipstick ini menghasilkan semi-matte finish yang menurutku terlihat indah. Tidak sekering lipstick matte yang memperlihatkan jelas kerutan-kerutan pada bibir, namun juga tidak se-glossy seperti menggunakan lip gloss. Tapi menurutku, ketiga lipstick ini belum termasuk kategori satin finish yang berkilauan dan terkesan lembap. Kilau dari lipstick buatan Viva Cosmetics ini seperti berasal dari pigment, bisa dilihat pada swatch di tanganku. (CMIIW)

Daya Tahan

Sayangnya lipstick ini tidak tahan lama, hanya sekitar 2-3 jam saja tanpa makan dan minum. Mungkin bisa lebih atau kurang tergantung aktivitas kita. Tapi yang jelas, lipstick ini akan langsung hilang jika kita makan, minum, atau tergesek apapun. Apalagi, lipstick ini juga tidak meninggalkan bekas (stain) di bibir. Jadi kita harus membawa lipstick ini dan rajin-rajin touch up.

Aroma

Aroma ketiga lipstick ini berbeda-beda. Yang aku paling suka adalah Viva no. 24. Aromanya wangi, tidak berbau lilin. Untuk kalian yang tidak suka lipstick yang berparfum, mungkin tidak suka dengan lipstick ini karena baunya cukup menyengat. Viva no. 6 aromanya mirip seperti Viva no. 24, tapi sedikit berbau lilin. Sedangkan untuk Red-A no. 612 berbau lilin dengan sedikit parfum wangi.

Plus & Minus

(+) Semi-matte finish

(+) Pigmented

(+) Tersedia dalam banyak pilihan warna

(+) Harganya terjangkau

(+) Kemasannya compact

(+) Mudah dicari (meskipun kadang ada beberapa warna yang sulit sekali dicari, entah karena warna ‘best seller’ sehingga habis terus atau karena warnanya terlalu ‘aneh’)

(-) Aromanya menyengat, ada yang berbau lilin.

(-) Tidak creamy

(-) Tidak tahan lama

Kesimpulan

Lipstick ini sangat recommended untuk kalian yang ingin mencoba-coba beraneka warna lipstick karena pilihan warnanya yang sangat beragam, pigmented, dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Tidak cocok untuk kalian yang mencari lipstick untuk dipakai seharian tanpa re-apply karena mudah hilang dan luntur.

Repurchase?

Definitely a yes! Aku pingin mencoba bereksperimen dengan berbagai macam warna. Saat ini aku masih mencari lipstick viva/red-a yang warna ungu. Any recommendation?


Nah, apakah kalian sudah pernah mencoba lipstick murah meriah yang fenomenal ini? Atau kalian tertarik mencoba setelah membaca review dariku? Share yuk, di comment box di bawah! 😀

 

Cheers,

Patricia

2 thoughts on “[Review] Viva Lipstick no. 6 & 24 dan Red-A Lipstick no. 612

  1. Lagi cari Lipstick yg pas di bibir,, biasax qlo Daily cm pake Lip Ice doang,, interesting kak review_nya,, murmer kan bsa milih bnyak warna.. °˚˚º o ( •̃͡-̮•̃͡) hέhέhέ ( •̃͡-•̃͡) o º˚˚°

    1. Wah, makasih ya. Semoga reviewnya membantu hehe
      Iya nih suka banget sama lipstick ini karena harganya yang super terjangkau dan pilihan warnanya juga banyak. Jadi gak takut untuk coba-coba warnanya, terus bisa koleksi lebih banyak warna juga hihi Semoga cepet ketemu lipstick yang cocok buat kamu yaa 💕

Leave a comment