Hair & Beauty · Product Review

[Review] The Face Shop Jeju Aloe 99% Fresh Soothing Gel

Tren pemakaian aloe gel kayaknya udah tidak asing buat beauty junkies di Indonesia, terutama buat kalian yang punya kulit sensitif atau bermasalah. Katanya sih, aloe vera gel ini bisa menyelesaikan berbagai permasalahan kulit. Nah, berhubung waktu itu kulitku sedang sensitif dan iritasi, aku mencoba aloe vera gel dari The Face Shop. Kenapa bukan Nature Republic yang hits banget? Karena kebetulan waktu itu sedang ke counter Face Shop dan barangnya ada, dibanding harus beli lewat online masih harus menunggu barang sampai lagi hahaha

Nggak usah lama-lama lagi, yuk cek reviewku tentang The Face Shop Jeju Aloe 99% Fresh Soothing Gel!

Disclaimer | My Dandelion Dreams patricialize.wordpress.com

Packaging

[Review] The Face Shop Jeju Aloe 99% Fresh Soothing Gel | My Dandelion Dreams

Dengan adanya tren penggunaan aloe gel yang sempat booming beberapa waktu yang lalu, aku yakin kalian sudah familiar dengan kemasan dari aloe gel Korea (karena semuanya sama, hanya berbeda label saja LOL) Kemasan dari aloe gel milik The Face Shop ini berbentuk jar dengan diameter 10 cm dan terbuat dari plastik. Ukurannya bisa dibilang tidak terlalu besar dan tidak akan memakan terlalu banyak tempat saat disimpan.

Di bagian atas kemasan, terdapat label berisi informasi singkat mengenai produk dalam Bahasa Inggris dan Korea. Sedangkan di bagian bawahnya, terdapat penjelasan lebih detail tentang produk ini, lagi-lagi dalam Bahasa Korea dan Inggris. Berhubung aku tidak bisa Bahasa Korea, jadi aku hanya bisa membaca yang Bahasa Inggris saja. Di label bagian bawah ini, terdapat penjelasan mengenai produk, petunjuk cara menggunakan, peringatan, daftar kandungan bahan, dan informasi mengenai produsennya. Tanggal kadaluarsa produk tertulis pada bagian sisi kemasan, bukan pada segelnya, sehingga kita bisa tetap mengetahui kapan produk ini sudah tidak layak digunakan meskipun segelnya sudah dibuka.

Saat dibuka, kalian akan menemukan ‘sekat’ antara tutup kemasan dengan produk. Namun tetap saja, dengan bentuk jar, kontaminasi produk dengan udara sangat mungkin terjadi.

Harga

Jujur saja aku lupa harga tepatnya produk ini. Waktu aku membeli ini di counter sedang ada promo untuk member (dan kebetulan temanku punya), jadi sekalian beli. Tapi menurut info dari Female Daily, harga produk ini adalah Rp 65.000.

Untuk produk sebanyak 300 ml, menurutku harganya cukup masuk akal. Apalagi, karena teksturnya yang berupa gel, kita tidak perlu menggunakan produk ini dalam jumlah banyak dalam 1 kali pemakaian.

Fragrance

Produk ini memiliki wangi yang segar, namun sayangnya hal itu karena ada tambahan parfum (fragrance) dalam produk ini, bukan hanya wangi alami dari aloe veranya saja.

Ingredients

Nah sekalian bicara tentang kandungan bahannya, ini adalah salah satu poin yang aku kurang suka dari aloe gel The Face Shop ini. Aku tidak tahu apakah aloe gel dari merk Korea lain memiliki bahan yang sama, tapi untuk aloe gel dari The Face Shop ini, terdapat cukup banyak kandungan bahan kimia yang terdapat di dalamnya.

Tekstur

Sesuai dengan namanya, produk ini berbentuk gel transparan. Seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya, “a little goes a long way” sangat bisa menggambarkan produk ini. Tekstur gelnya pun tidak terlalu cair maupun kental, jadi produk ini juga tetap bisa ‘bergerak’ dalam kemasannya meskipun tidak banyak. Saat diaplikasikan, aloe gel ini juga mudah membaur dan akan terserap dalam kurang lebih 3-4 menit saja. Saat menggunakan produk ini, kita juga mendapatkan efek cooling dari aloe vera (meskipun dengan tambahan alkohol). Beberapa temanku juga menyarankan untuk menyimpan produk ini dalam lemari es untuk menambahkan efek coolingnya.

Quality

Jadi, pada awalnya aku membeli aloe gel dari The Face Shop ini karena kulitku sedang sensitive dan sangat perih. Kebetulan, temanku ingin membeli produk di The Face Shop, dan aku melihat aloe gel ini, jadi aku memutuskan untuk sekalian membelinya juga, meskipun aku sebenarnya ingin mencoba aloe gel dari Nature Republic.

Meskipun begitu, aloe gel dari The Face Shop ini menurutku cukup bagus, kok. Efek soothing dari aloe veranya bekerja cukup cepat. Beberapa kali aku mengalami sunburnt atau kulit sensitif, aku menggunakan gel ini dan dalam 2-3 hari saja kulitku sudah tidak perih lagi. Tapi jika kalian mencari efek lembap, aku tidak menyarakan produk ini karena produk ini kurang melembapkan. Yaiyalah, judulnya aja “soothing gel”, bukan “moisturizing gel” hahaha jadi karena aku sempat ketagihan menggunakan produk ini, saat kulitku kering aku menggunakan produk ini dengan harapan kulitku bisa menjadi lembap lagi. Ya, bisa sih, tapi efeknya tidak sebagus body butter (tentu saja).

Saat ini, aku sedang menggunakan produk ini sebagai pengganti day & night cream untuk muka karena aku ingin stop menggunakan perawatan jerawat yang membuat kulitku makin sensitif dan merah-merah 😦 Jadi temanku pernah merekomendasikan produk aloe gel untuk mengurangi jerawat dan bekas jerawat, tapi saat itu aku tidak terlalu percaya. Tapi ternyata apa yang dibilang temanku itu benar loh! Setelah menggunakan aloe gel ini sebagai day & night cream, kemerahan di mukaku hilang dan meskipun aku sedang dalam masa-masa menstruasi (yang biasanya membuat jerawatku keluar dimana-mana), jerawat yang muncul tidak terlalu banyak.

Plus & Minus

(+) Efek cooling/soothingnya sangat terasa

(+) Teksturnya oke

(+) Worth the price (Rp 65.000 / 300 ml produk)

(-) Banyak kandungan bahan kimianya

(-) Kemasan kurang higienis

Conclusion

Buat kalian yang sedang mencari alternatif after sun gel, kalian bisa membeli produk ini. Atau jika ingin dijadikan sebagai day/night cream, aku akan merekomendasikan produk ini buat kalian yang memiliki kulit sensitif atau berminyak (untuk pelembap). Untuk kalian yang memiliki kulit kering, mungkin kadar kelembapannya akan kurang.

Repurchase?

Aku lebih ingin membeli aloe gel dari Nature Republic untuk saat ini, sekalian untuk perbandingan juga hahaha


Sampai jumpa di post berikutnya!

 

xoxo,

Patricia

Leave a Reply

